Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Game Online Sulit Untuk Di Hack dan di Cheat

Penyebab game online tidak bisa dihack atau cheat adalah, Karena server based.

Maksudnya? Jadi gini, ketika kita men "cheat" sebuah game, kita mengubah paksa data yang awalnya ditulis oleh game menjadi hasil karangan kita, misalkan, nyawa yang seharusnya tinggal 85 setelah kena pukul kita ubah lagi menjadi 100. Nah, file yang kita ubah tadi adalah file lokal. File itu ada dikomputer kamu. Kamu bisa ubah sesuka hati.

Bedanya dengan server based?

Pada game online, ada 2 jenis basis data, server based dan client based. Data game seperti data grafis, suara dan informasi game ada didalam komputer kamu sebagai client, namun data pemain seperti level, uang dan lain-lain ada pada server. Saat kita bermain game online, komputer client mengambil data dari server dan menyimpan ke server. Kita tidak bisa ubah data yang ada di komputer client karena data itu sinkron dengan data server. Ada mekanisme pelindung file yang diterapkan pada semua server game. Ketika kita coba ubah paksa data yang ada di client dan ternyata tidak cocok dengan data server, maka server akan megubah balik data tersebut sesuai data server. (Saya sudah coba, 80% data kembali ke semula, 20% game crash)

Kenapa tidak di hack servernya? Kalau kamu hacker tingkat dewa silakan. Server game dirancang untuk hanya mendengar client game tertentu dengan signature khusus yang tiap saat diubah.


Sumber: Jawaban Ari Artare di Quora