Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan Hobby The Sims Freeplay

Hobby di The Sims Freeplay adalah salah satu fitur yang di berikan oleh Freeplay agar game menjadi lebih hidup danmenyenangkan. Dengan melakukan Sebuah Hobby, sim bisa mendapatkan Simoleon, XP, Lp dan beberapa barang unik
Bisakah satu sim melakukan 2 hobi sekaligus.
Tidak bisa, satu sim hanya bisa mempunyai satu hobbie saja

Bisakan sim mengganti hobbie mereka?
Bisa, tinggal lakukan saja hobie baru, maka akan muncul pop up, dan klik yes.
Jika kamu mengganti hobbie sim, maka progress dari hobbie sim tersebut akan hilang. dan akan terganti dengan progres hobie yang baru.

Contohnya: Sim memiliki hobie memancing, dan ingin berganti ke hobbie memasak. Jika saat itu hobbie memancingnya berada di Level 4, maka progress hobie memancing tersebut akan hilang dan berganti dengan progres hobbie memasak level 0. Jika kamu kembali ke hobi memancing lagi, kamu harus memulai hobinya ke level 0.

Jika saya mengganti hoby sim, apakah hadiah yang saya dapatkan dari menyelesaikan hobbie dan mengumpulkan collectible akan ikut hilang?
Tidak. Hadiahnya akan tetap ada meskpun kamu bergaanti hobbie

Kenapa saat sim saya tumbuh ke usia selanjutnya, (bayi menjadi toddler, atau preteen menjadi teenager) mereka menjadi tidak memiliki hobby apapun, alias hobby mereka yang sebelumnya hilang?
Ini disebabkan karena hobby yang mereka miliki hanya bisa di miliki oleh usia tertentu. Contohnya sim Preteen bisa melakukan Hoby Ballet, tapi sim Teenager tidak bisa, karena Hoby Balllet hanya bisa di lakukan oleh sim dengan usia Preteen.

Apa saja hobby yang ada di The Sims Freeplay. Bagaimana cara mendapatkan dan melakukan hoby tersebut?

Klik disini untuk mengetahui Daftar Hobby The Sims Freeplay

Apakah saya harus melakukan semua hobby yang ada meskipun jumlah sim saya tidak cukup?
Tidak. Tapi aku sarankan untuk paling tidak memiliki Woodworking Hobby, Fashion Designer Hobby, Figure Skating Hobby, dan Aerobic Hobby. Buatlah sim berada di Level 6 pada hobby tersebut, Agar jika kamu mendapat Timed Event, kamu tidak perlu membuang waktu untuk unlock semua collectible, dan kamu hanya perlu mengumpulkannya.

Apa untungnya melakukan hobby?
Melakukan hobby di The Sims Freeplay akan memberikanmu reward berupa Town Value, Simoleons, XP, LP saat sim kamu naik level, menemukan item baru, dan mengumpulkan seluruh collectible.

Apa itu collectible?
Collectible / Item Hobby adalah item yang kamu dapatkan setiap menyelesaikan sebuah hobby. Kamu harus menemukan seluruh Item untuk menyelesaikan Hobby. Setiap kamu menemukan item hobby baru, kamu akan mendapatkan simoleons.  Item Hobby akan tersimpan di Bar Hobby.

Dimana letak bar hobby?
Untuk membuka bar hobby:
Buka Simtracker bagian hobby, klik symbol hobby
Di situlah tempat penyimpanan item hobby. Berikut contoh gambar item hobby milik Musical Expressions

Apa yang dimaksud dengan "Menyelesaikan hobby"?
Menyelesaikan Hobby adalah saat kamu telah berhasil mengumpulkan 12 Item Hobby

Kenpa saya tidak bisa menemukan seluruh koleksi item? dan kenapa beberapa kolom dari item berwarna abu abu?
Untuk mendapatkan seluruh collectible, kamu harus berada di level yang paling tinggi di hobby tersebut. Jika kolom item berwarna abu abu, iut artinya kamu belum cukup level untuk menemukan item tersebut. Cukup terus lakukan hobbynya sampai kamu nak level dan secara sendirinya kamu akan mendapatkan item tersebut

Jika saya berada di level empat, apakah saya masih bisa menemukan item dibawah level empat?
ya, kamu bisa mendapatkannya.

Apakah seluruh sim harus berada di level tertinggi untuk menemukan seluruh Item Hobby?
Tidak, cukup satu sim saja yang perlu berada di level tertinggi untuk unlock seluruh collectible. Setelah itu sim lain bisa langsung menemukan collectible tanpa harus berada di level tertinggi

Apakah jika saya melakukan option paling lama, kemungkinan saya mendapatkan ccollectible lebih tinggi dibanding jika saya melakukan hobby yang waktunya singkat?
Tidak berpengarus sama sekali, karena pemberian collectibe ini random. menurutku, lajkukanlah hobby dengan option yang tidak memakan waktu lama. Misalkan Fishing Hobby, dari pada memilih pilihan "24 Hour Fishathon", mending pilih "Go fishing" atau "unwind". Karena jika kamu berada di level yang tepat, kamu bisa mendapatkan collectible lebih cepat

Apa itu Lucky Spin?
Lucky Spin memberikanmu kesempatan untuk mendapatkan item baru menggunakan LP. Caranya:
a. Buka tab hobby
b. Klik pada tombol dengan simbol LP di kolom tempat item yang ingin kamu dapatkan
c. Dengan klik tombol LP, kamu akan mendapatkan Item secara rendom (acak)

Apakah menguntungkan jika menggunakan Lucky Spin?
Menurutku sih, tergantung situasinya. Kalau Speed up (mempercepat) hobby lebih murah dari lucky spin ya mending speed up. Misalkan Lucky Spin harganya 6LP sedangkan Speed up hobby harganya 3LP, mending speed up hobby.

Tapi jika kamu merasa kesulitan mendapatkan Item Hobby, sedangkan kamu sedang menjalankan misi Timed Hobby Event, menurutku Lucky spin adalah pilihan yang bagus

Kenapa Karate dan Ballet hobby tidak muncul di Hobby tab?
karena hobby tersebut tidak memiliki Item Hobby

Bagaimana caranya agar bisa cepat naik level?
Cara paling tepat adalah dengan memilih option paling lama. Misalkan Fihing Hobby, pilihlah "24 Hour Fishathon". Dengan memilih option paling lama, kamu akan lebih cepatnaik level.

Saya memiliki sim Preteen, dan dia tumbuh menjadi Teenagers sebelum dia level 6 di hobby ice skating. Apakah level hobby ice satingnya akan kembai ke level 0?
Tidak, Karena Ice Skating adalah hobby yang bisa dilakukan oleh sim dengan usia Preteen, Teenager, dan Adult.

Apakah kita akan kehilangan hadiah yaang kita dapatkaan saat naik level atau saat mengumpulkan collectible jika sim kita berpindah hobby atau mati?
Tidak

Jika kita sudah berada di level tertinggi di suatu hobby, lalu berpindah ke hobby lain, apakah kita harus unlock item hobby dari awal?
Tidak. Karena sekali Item Hobby terbuka (unlock) makaitem hobby tersebut akan unlock selama lamanya.

Bagaimana caranya restart collection?
Buka Tab Hobby, klik tombol "Start New Accessory Collection"

Apakah jika klik restaart collection maka level hobby sim kita akan ikut ke restart?
Tidak. yang ke restart hanya item nya, levelnya tetap sama dan tidak akan berubah

Apa perbedaanya Timed Hobby dan Timed Hobby Event?
Timed Hobby = adalah sebuah quest yang muncul saat pertama kali hobby tersebut terbuka. Kamu akan diminta untuk menyelesaikan hobby dengan cara mengumpulkan collectible atau item hobby tersebut dalam waktu tertentu untuk mendapatkan hadiah tertentu.
Klik disini untuk mengetahui Daftar Timed Hobby dan cara menyelesaikannya

Timed Hobby Live Event = adalah sebuah quest yang muncul di saat saat tertentu. Kamu akan dimnta untuk mengumpul seluruh collectible sebanyak yang di tentukan. untuk mendapatkan hadiah tertentu setiap kali kamu berhasil mengumpulkannya. Contohnya: Long Hair Event. Event ini memintamu untuk mengumpulkan seluruh collectible sebanyak 9x untuk mendapatkan 9 model rambut baru.

Setiap 1x kamu mengumpulkan seluruh collectible, kamu akan mendapatkan 1 model rambut sim baru.

Hobby apa saja yang memiliki Timed Hobby?
Klik disini untuk mengetahui Daftar Timed Hobby dan cara menyelesaikannya

Bagaimana agar saya bisa menyelesaikan Timed Hobby tepat waktu?
Klik disini untuk mengetahui Daftar Timed Hobby dan cara menyelesaikannya

Bagaimana agar saya bisa menyelesaikan Timed Hobby Live event tepat waktu?
a. Saya sarankan untuk melakukan leveling di setiap hobby. agar saat event ini muncul, kamu tidak perlu menghabiskan waktu untuk meningkatkan level hobby tersebut

b. Gunakan LP

c. Jika kamu tidak bisa menyelesaikan event ini. Jangan khawatir, event ini akan muncul  lagi di lain waktu

Apa yang terjadi jika saya klik "Not Now" saat terdapat pop up Timed Hobby?
Maka kamu akan hanya menghabiskan waktu. Karena meskipun kamu klik Not Now, waktu Timed Hobby tetap dimulai saat pop up timed hobby itu muncul.

Apakah seluruh simer di dunia mendapatkan Timed Hobby Live Event diwaktu yang sama?
Iya, Timed Hobby event hanya bisa dilakukan di waktu yang ditentukan dan seluruh simer harus menyelesaikan di batas waktu yang di tntukan



BIBLIOGRAPHY


PERINGATAN: Kami menyediakan Aplikasi terbaru untuk memudahkan anda mengakses INSIMS sehingga anda tidak perlu susah mencari tutorial terbaru The Sims Freeplay dari google. Klik Disini untuk mendownload Aplikasi INSIMS


#thesimsfreeplay #hobbythesimsfreeplay #howtohobbythesimsfreeplay