Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan Live Event The Sims Freeplay

Live event adalah Event yang memiliki batas waktu. Yang jika kamu tidak memainkannya diwaktu yang ditentukan, kamu akan ketinggalan event ini. Live event selalu muncul disetiap ada update game dari The Sims Freeplay, jika saat terdapat pemberitahuan updat dari game dan kamu tidak mengupdatenya, kamu tidak akan mendapatkan pemberitahuan adanya live event, sehingga tidak akan bisa mengikutinya.
Live event memiliki Tugas yang sama. Namun hadiah yang diberikan sangatlah menarik dan menyenangkan. Biasanya hadiah yang diberikan adalah furnitur atau baju untuk sim yang tidak akan didapatkan melalui Sunset Mall atau home Store.

Tugas dari Live event adalah mengumpulkan Craft (barang kerajinan, sebut aja craft biar nulisnya gak kepanjangan) dengan menggunakan Station. Craft ini digunakan untuk membuka hadiah hadiah yang ada di event ini.

Untuk mendapatkan hadiah, kamu harus memenuhi progres bar event yang biasanya ada di pojok kiri atas. Setelah terpenuhi, dan hadiahnya terbuka,  kamu harus mengumpulkan craft yang dibutuhkan agar bisa membeli hadiah tersebut.

Prosesnya memang cukup panjang, melelahkan dan mustahil untuk diselesaikan jika kamu pertama kali memainkan event ini. Kamu harus selalu cek gamenya setiap kali mereka selesai membuat craft dan langsung memerintahkan mereka untuk melakukan lagi dan lagi. Jika kamu melewatkan waktu sedikit saja dan mengabaikan live event ini, maka kamu akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan seluruh hadiahnya. Meskipun, kalau kamu konsen di live event ini juga belum tentu bisa menyelesaikan event ini tepat waktu. Pesimis banget. Tapi kenyataannya emang seperti itu. Tapi jangan khawatir, bukan cuman kamu yang tidak bisa menyelesaikan event ini tepat waktu. Karena banyak simer yang mengalami hal yang sama.

CARA KERJA LIVE EVENT
Akan ada pemberitahuan saat live event dimulai. Klik "Start Collecting" untuk memulai Live Event.
Live event juga memberikan tugas khusus diawal event. Sebenernya tugas ini sepertinya untuk mengajarimu cara menjalankan Live Event.

Hampir semua  Live Event memiliki tugas yang sama. Berikut tugasnya:

Place a Craft Station = Buka Home store bagian EVENT, letakan "Candle Station" ke rumah sim. Kamu hanya bisa membeli 4 candle station dan station yang lain baru bisa dibeli setelah kamu membukanya (unlock).
Make some arts and craft item = Klik candle station, pilih "Make 50 candle".
Tips: Langsung beli 4 candle station, dan perintahkan 4 sim untuk membuat candle saat itu juga. karena kamu bisa langsung mengumpulkan 200 candle dalam 23 detik.

Setelah mereka selesai membuat candle, akan muncul balon diatas kepala sim. Klik balon tersebut maka kamu akan di bawa ke tab progres event. Tab progres event bisa ditemukan di pojok kiri atas layar.

Di bar progres event, kamu bisa mengetahui berapa banyak candle yang kamu dapat, dan berapa banyak progres yang telah kamu miliki untuk membuka hadiah dari live event.

Restock a crafting station = Klik Station, pilih "restock 2 use".
Dalam menggunakan Station, kamu harus melakukan Restock sebelum membuat craft. ada dua pilihan restock. yaitu "Restock 18 use" yang membutuhkan 10SP, dan "restock 2 use" yang gratis.
TIPS: perintahkan 4 sim untuk restock sekarang juga sehingga masing masing station memiliki 2 restock.

Beli hadiah pertama dari live event = Buka bar progress, scroll kebawah, maka kamu akan melihat hadiah dengan tombol "purchase". Klik tombol Purchase. Hadiah ini membutuhkan 50 candle. Ingat, kamu harus klik "purchase" pada seluruh hadiah yg ada (jika sudah bisa di klik) baru kamu bisa mendapatkan hadiahnya di home store.

Use a coin flower patch = Buka Home stre bagian EVENT, letakan coin flower patch di halaman rumah sim. Klik Coin flower patch, lalu pilih "Spin Plant"
Check the daily goal = Klik bar progres event, buka tab Daily Goal, klik "Claim"
Collect Bonuses = Saat sedang menggunakan station, tunggu beberapa saat, akan muncul item craft diatas kepala sim. Klik item tersebut untuk mengumpulkan bonus
Continue collecting arts and craft item = Terus kumpulkan craft sampai live event berakhir atau sampai kamu mendapatkan seluruh hadiah live event.
Ada 3 tahapan yang harus kamu lakukan di live event, yaitu Collecting (mengumpulkan), Unlock (membuka), Purchase (membeli)

* COLLECTING (Mengumpulkan) *
Setelah kamu menyelesaikan tugas diatas, perintahkan sim untuk terus mengumpulkan candle dan craft lainnya.

Ada 4 Craft station yang bisa kamu gunakan di Event ini. Diantaranya adalah:
a. Candle Station
b. Pottery Station
c. Jewelry Station
d. Glassware Station

Harga Candle Station:
Harga pertama pembelian: Geratis
Kedua: S2,000
Ketiga: S4,000
Keempat: S10,000
Kamu bisa membeli Maksimal 4 Candle Station.

Harga Pottery Station:
Pembelian Pertama: S5,000
Kedua: S7,500
Ketiga: S10,000
Keempat: S15,000
Kamu bisa membeli Maksimal 4 Pottery Station.

Harga Jewelry Station:
Pembelian Pertama: S7,500
Kedua: S15,000
Kedua: S20,000
Kamu bisa membeli maksimal 3 Pottery Station.

Harga Glassware Station:
Pembelian pertaama: S7,500
Kedua: S25,000
Kamu bisa membeli maksimal 2 Glasswere Station

Saat kamu klik candle station, akan muncul beberapa pilhan:
Make 250 Candle (2 hour 30 minutes)
Make 360 Candle (4 hour 30 minutes)
Make 455 Candle (6 hour 30 minutes)
Make 510 Candle (8 hour 30 minutes)

Kalau dilihat, pilihan yang menghasilkan banyak candle adalah yang membutuhkan aktu 8 jam 30 menit. Tapi sebenenrnya kalau kamu melakukan opsi 2 jam 30 menit sebanyak 3 kali (yang artinya membutuhkan waktu 7 jam 30 menit) kamu akan mendapatkan 750 candle!

Jadi jika kamu bisa melakukan opsi yang paling cepat berulang ulang, kamu bisa mendapatkan candle lebih banyak. Tapi, jika kamu sibuk seharian di dunia nyata, maka lebih baik memilih opsi yang membutuhkan aktu paling lama yaitu 8 jam 30 menit. Dengan begitu kamu tidak akan menyianyiakan waktu live event dan tidak perlu mengecek game setiap jam.

Ini juga berlaku untuk Station lainnya.

Ingat, kamu harus melalukan restock juga saat stock station sudah habis.

Ada dua pilihan Restock:
Restock 18 uses = Mendapatkan 18 stock, yang artinya kamu bisa menggunakan station sebanyak 18x sebelum harus melakukan restock lagi. Membutuhkan 10SP dan selesai seketika

Restock 9 uses = Mendapatkan 9 stock, yang artinya kamu bisa menggunakan station sebanyak 9x sebelum harus melakukan restock lagi. Gratis dan membutuhkan waktu 2 jam 30 menit.

NOTE:
Jika kamu menjual Station, maka kamu akan kamu kan kehilangan stock. yang artinya kalau kamu meletakan staion lagi di rumah sim, kamu harus melakukan restock ulang sebelum menggunakannya.

Jika kamu me-cancel saat memakai station, maka kamu juga akan kehilangan 1 stock. Misalkan kamu memiliki 6 stock (yang artinya kamu bisa menggunakan station sebanyak 6x), lalu kamu menggunkan station, yang artinya stock akan berkurang menjadi 5. Dan ditengah penggunaan station kamu me-cancel nya, maka station akan tetap memiliki 5 stock. bukan berarti kalau kamu me-cancel penggunaan lalu stock jumlahnya akan kembali menjadi 6. paham?

Semakin banyak craft yang kamu kumpulkan semakin banyak hadiah yang akan kamu dapatkan

* UNLOCKING (Membuka) *
Coba buka bar progres. Progres dengan garis kuning akan menunjukan item apa saja yang berasil kamu unlock dan yang belom, dan berapa banyak lagi yang perlukan untuk membuka item tersebut.

Kamu diminta untuk membuka (unlock) beberapa item yang berbeda:
Item yang akan dibeli (hadiah) = Sebelum bisa mendapatkan hadiah, kamu harus unlock hadiah tersebut. Setelah hadiah terbuka, kamu diminta untuk melakukan "purchase" , dengan cara mengumpulkan craft dan resource (sumber daya) yang dibutuhkan. setelah kamu melakukan "puchase" kamu bisa menemukan hadiah ini di home store.
Constructor Coin =  ini adalah salah satu resource yang dibutuhkan untuk melakukan "purchase" hadiah dari live event.

Arts and Craft Station= Ada station lain yang harus dibuka dan digunakan selalin Candle Station. yaitu Pottery, Jewelry dan Glasswere station. station tersebut digunakan untuk mengumpulkan craft yang dibutuhkan untuk melakukan purchase hadiah

Pastikan kamu langsung meletakan station yang baru kamu unlock ke rumah sim dan perintahkan sim untuk menggunakannya agar kamu tidak membuang buang waktu.

Jika di Live Event sebelumnya kamu sudah unlock dan memiliki  Pottery, Jewelry dan Glasswere station, kamu tetap harus unlock station tersebut sebelum bisa menggunakannya di event ini.

Social Point = Live event membutuhkan Social Point untuk mempercepat kerja sim, membeli resource. Jadi jika resource yang dibutuhkan untuk "purchase" kurang, kamu bisa menggunakan social point untuk purchase hadiah yang kamu inginkan. Saat progres event berada di batas tertentu, kamu akan mendapatkan social pount gratis.

* PURCHASE (Membeli) *
Untuk memmbeli hadiah dari live event, kamu harus mengumpulkan resource (sumberdaya) berupa Craft dan Constructor Coin. Jika sebuah hadiah membutuhkan 50 candle dan kamu memiliki 60 candle, maka setelah "purchase" sisa candlemu adalah 10. Kamu bisa mengetahui berapa banyak craft yang kamu miliki di table "Current Inventory" yang berada tepaat dibawah proogres bar.
Jika kamu perhatikan, ada icon gembok di ujung kiri pada list hadiah. Hadiah yang belum kamu buka (unlock) akan menunjukan icon gembok tertutup berwarna abu abu. Kamu harus memenuhi progres bar sampai icon gambar gembok berubah menjadi warna hijau/oranye.
Icon gembok berwarna Oranye bisa dilihat di gambar nomor satu. Icon tersebut menunjukan bahwa kamu sudah membuka item tersebut tapi, resource kamu belum cukup untuk membelinya. Jika kamu tidak ingin susah susah mengumpulkan resource, kamu bisa langsung purchase dengan menggunakan Social point seperti digambar. Tapi seperti yang kamu lihat, social poin yang dibutuhkan sangat banyak. Lebih baik kamu tetap mengumpulkan craft menggunakan station dan menggunakan Spin Plant untuk mendapatkan Constructor Coin

NOTE: Untuk mengetahui berapa resource yang dibutuhkan seiap item, kamu bisa melihat angka yang ada dibawah gambar craft. Terdapat 2 angka. Pertama angka yang atas  adalah angka yang menunjukan berapa banyak craft dan Constructor Coin yang kamu punya. angka yang kedua yang ada dibawah, menunjukan berapa jumlah craft dan Constructor Coin yang dibutuhkan.
Icon gembok berwarna hijau bisa dilihat di gambar nomor dua. Icon tersebut menunjukan bahwa kamu sudah membuka item tersebut dan memiliki seluruh resource yang dibutuhkan. klik "puchase" untuk membeli item tersebut. Kaamu bisa menemukan seluruh barang yang kamu beli dari Live Event di Home Store atau Wardrobe tergantung pada item yang kamu beli.

BAGAIMANA CARA MENDAPATKAN CONSTRUCTOR COIN?
Kamu bsa mengumpulkan Constructor Coin dengan cara:
Melalui Progres Bar = Seperti yang kamu lihat, ada beberapa icon Constructor Coin pada progres bar. Kamu akan mendapatkan Constructor Coin setiapkali kamu melewati icon Constructor Coin di progres bar.

Menyelesaikan Daily Goals = Buka Progres bar event, klik bagian Daily Goal. Setiap kali kamu bisa menyelesaikan tugas daily goal, maka akan akan tombol "claim". Jangan lupa untuk selalu cek Daily Gol dan melakukan Claim.

Coin Flower Patcher = Ada dua jenis Coin Flower Patcher.
Spin Plant dengan menggunakan 450 Candle dan Mega Spin Plant dengan menggunakan 25SP. Setiap kali kamu menggunakan Spin Plant, kamu akan mendapatkan Constructor Coin dengan jumlah yang acak. Jika beruntung kamu bisa mendapatkan 125 Constructor Coin di Spin Plant dan 500 Constructor Coin di Mega Spin Plant.

Kamu hanya bisa Claim item ini setelah membeli seluruh Item Live event yang tersedia:
Jika kamu ternyaata tidak bisa menyelesaikan tepat waktu, kamu masih memiliki waktu beberapa hari setelah live event ini berakhir untuk melakukan purchase item. Tapi kamu sudah tidak bisa lagi mengumpulkan craft dan Constructor Coin. Jika ternyata resource kamu tidak cukup, kamu bisa menggunakan Social point, atau menunggu sampai Live Event ini muncul lagi.

Saat Live event ini berakhir, seluruh resource yang kamu kumpulkan akan ditukar menjadi Simoleon, sehingga saat Live even ini muncul lagi resource kamu kembali menjadi 0 dan kamu harus mengumpulkannya dari awal.

TIPS:
1. Saat pertama kali melakukan tugas Live Event, Langsung beli 4 candle station, dan perintahkan 4 sim untuk membuat candle saat itu juga. karena kamu bisa langsung mengumpulkan 200 candle dalam 23 detik.

2. Begitu juga saat melakukan restock pertama kali,  perintahkan 4 sim untuk restock bersamaan sehingga masing masing station memiliki 2 restock.

3. Pilihlah opsi 2 jam 30 menit berkali kali, karena dengan opsi ini kamu akan mendapatkan craft lebih banyak

4. Jangan lupa untuk menyelesaikan dan melakukan Claim Daily Goal, karena kamu akan mendapatkan Constructor Coin sebagai hadiah Claim

5. Beli seluruh satation dan perintahkan seluruh sim untuk berpartisipasi dalam event ini aagar kamu lebih cepat dan lebih banyak mengumpulkan resource.

6. Tetap kumpulkan Candle meskipun kamu tidak membutuhkannya untuk membeli item. Karena Candle bisa dipakai untuk Spin Plant.

7. Jika ternyata kamu tidak bisa menyelesaikan tepat waktu. Belilah Item hadiah yang kamu inginkan. Kamu tidak harus membeli semuanya.

8. Diakhir event seluruh Resource akan ditukarkan menjadi simoleons. Jadi jika kamu memiliki 500 candle, dan 49 constructor coin, mereka akan ditukarkan menjadi uang sehingga jika live event ini muncul kamu memiliki 0 candle dan 0 constructor coin

9. Jangan Jual Station yang sudah kamu beli meskipun event sudah berakhir. Buatlah ruangan khusus untuk menyimpan station. Karena jika kamu menjualnya, kaamu akan kehilangan stock yang kamu punya, dan kamu harus melakukan restock ulang sebelum menggunakan station lagi. Jadi kamu masih bisa memiliki stock di event sebelumnya untuk digunakan di event selanjutnya. Ingat. dalam 1 srumah sim hanya bisa memiliki 10 station, karena kamu hanya bisa menempatkan maksimaal 10 sim diaktu yang sama dalam 1 rumah.

10. Ini adalah Live Event, yang artinya seluruh Simer di dunia akan mendapatkan Event di waktu yang sama. Jika kamu tertinggal sehari saja, maka kamu akan kehilangan 1 hari yang berharga. Maka dari itu, Subscribe Blog The Sims Information, karena aku akan mengupdatenya di sidebar!!

LAURA CRAFT
Laura Craft adalah media untuk kamu yang malas mengumpulkan resource. Dengan Laura Craft, kamu bisa membeli resource dengan menggunakan Uang Asli alias Rupiah.

PERINGATAN >> Jangan buang buang uang untuk hal yang gak penting. Mending uangnya di buat jajan, buat beli kuota internet atau lebih bagus lagi di tabung atau di sedekahkan <<


PERINGATAN: Kami menyediakan Aplikasi terbaru untuk memudahkan anda mengakses INSIMS sehingga anda tidak perlu susah mencari tutorial terbaru The Sims Freeplay dari google. Klik Disini untuk mendownload Aplikasi INSIMS


#thesimsfreeplay #eventthesimsfreeplay #howtocompleteeventthesimsfreeplay #explainLiveEventTheSimsFreeplay