Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab laptop atau PC lemot saat bermain game, padahal spesifikasi sudah mencapai minimum

Saya jawab berdasarkan pengetahuan dan pengalaman saya.

Karena yang dicapai baru spek minimum.

Kan dalam suatu game ada yang namanya system requirements. Nah, di situ dibagi menjadi dua bagian, minimum dan recommended.

Contoh. Sebelah kiri adalah spesifikasi minimum dan sebelah kanan adalah spesifikasi yang direkomendasikan.

Spek minimum merupakan spesifikasi suatu perangkat yang dibutuhkan untuk sekedar bisa menjalankan suatu program.

Misalkan game X, punya spek minimum sekian. Nah, dengan spek minimum ini, game X baru bisa dijalankan dan berfungsi. Yang dicapai dengan spek ini yaitu hal-hal dasarnya saja, seperti render grafik dan sebagainya. Kalau nge-lag itu bukan urusan spek minimum.

Mau main game tanpa lag? Capailah minimal spek yang direkomendasikan. Atau kalau mampu pergilah lebih jauh melebihi spek recommended.

Spek recommended merupakan spek yang harus dicapai jika ingin memainkan game dengan kualitas dan performa yang bagus seperti yang diinginkan.

Kalau tidak mampu meraih spek recommended dan hanya bisa berkutat dengan spek minimum, tetapi ingin memainkan dengan kualitas grafik tinggi? Jangan harap bisa lancar, kecuali jika memang game-nya ringan.

Yang terpenting adalah memainkan game tanpa lag, turunkan kualitas grafiknya jika mampu. Karena lag adalah hal yang lebih menyebalkan dibandingkan dengan grafis yang burik.


Sekian jawaban saya, semoga bermanfaat.

Correct me if I'm wrong.

Sumber: Alviano. F Muhammad R on Quora