Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menulis Makalah

Bagian-bagian dasar dar sebuah makalah terdiri atas:
  • Cover ( hardcover maupun softcover)
  • Judul
  • Kata Pengantar / Prakata
  • Daftar Isi
  • Bab I : Pendahuluan
  • Bab II : Isi
  • Bab III : Penutup
  • Daftar Pustaka
Berikut adalah penjabaran dari bagian-bagian makalah.

1. CoverPada bagian cover, akan terdapat lagi bagian-bagiannya, yaitu :
  1. Judul makalah itu sendiri
  2. Tujuan dari pembuatan makalah tersebut
  3. Logo Suatu Lembaga
  4. Nama Penulis dan NIM
  5. Nama lembaga dan juga alamatnya
  6. Tahun ajar / akademik.

2. Judul Makalah
Judul Makalah biasanya sama dengan judul cover

3. Kata Pengantar
Kata pengantar terdiri dari Mukadimmah atau pembuka yang berupa ucapan puji dan syukur sambutan dan lain-lain. Dalam bagian ini juga mencantumkan nama judul suatu makalah. Selanjutnya yaitu ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang membantu dalam proses pembuatan makalah tersebut hingga dapat berjalan lancar. Selanjutnya, Penutup mukadimmah, bagian ini tentang permintaan pemberian kritik supaya makalah menjadi lebih baik.

4. Daftar Isi
Daftar isi memiliki tujuan untuk memberikan kemudahan bagi pembaca untuk memahami isi serta mencari materi terdapat dalam makalah tersebut.

5. Bab I Pendahuluan
Latar Belakang : Berisi tentang hal apa yang menarik atau mendorong seorang penulis sehingga tertarik membahas tema makalah yang disajikan tersebut.
Rumusan Masalah : Berisi tentang hal-hal apa saja yang akan dijawab dan dibahas dalam makalah tersebut sehingga penulis nantinya fokus dalam mengkaji tema yang disajikan berdasarkan batasan-batasan pembahasan yang telah dibuat dalam pendahuluan tersebut.
Tujuan Penulisan : Berisi tentang manfaat apa saja yang akan diperoleh dengan pemilihan tema pembahasan tersebut

6. Bab II Pembahasan
-Pada bagian ini akan memuat beberapa hal, yaitu :
-Definisi atau landasan teori
-Ulasan materi
-Penyelesaikan suatu masalah
-Hasil peneltian dan solusi
-Kontribusi terhadap permasalahan yang sedang di bahas
dalam Bagian ini, berisikan teori yang membantu memberikan jawaban dari Rumusan masalah. Anda tidak harus menuliskan sama persis seperti daftar di atas. yang penting adalah teori yang rapih, padat, dan relevan.

7. Bab III Penutup
Pada bagian penutup, kita akan uraikan kesimpulan yang telah kita dapatkan. Mulai hasil penelitian yang telah dilakukan, kelebihan serta kekuranan dari hasil penelitian, dan juga perhitungan matematisnya. Kita juga dapat menuliskan kritik dan saran terhadap permasalahan yang sedang kita kritisi.

8. Daftar Pustaka
Daftar pustaka merupakan satu bagian terakhir. Daftar pustaka berisi tentang nama-nama literature yang menjadi referensi kita dalam membuat makalah. Perhatikan juga dalam tata cara penulisan nama, gelar, dan jabatan. Ini berfungsi agar tidak mengaburkan definisi pustaka.

Daftar pustakan bisa diambil dari jurnal ilmiah, buku, majalah, surat kabar, media elektronik, dan interview, bisa juga dari website di internet. Namun, keberadaan website internet untuk dijadikan referensi karya ilmiah masih jadi pertentangan di kalangan para akademisi.