Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Makalah


Makalah adalah suatu karya tulis ilmiah yang memiliki bahasan pokok masalah dan mencakup ruang lingkup tertentu. Makalah bisa diartikan juga sebagai karya akademis yang diterbitkan pada suatu jurnal yang bersifat ilmiah

Terdapat 3 jenis makalah:
1. Makalah Deduktif
Makalah deduktif yaitu sebuah makalah yang berdasarkan pada teori yang berhubungan dengan permasalahan yang sedang dibahas.

2. Makalah Induktif
Berikutnya yaitu makalah induktif. Makalah ini merupakan suatu makalah yang ditulis berdasarkan data yang telah diamati dan bersifat objektif berdasar pada apa yang diperoleh dari lapangan. Namun makalah ini tetap sesuai dengan pembahasan.

3. Makalah Campuran
Yang terakhir yaitu makalah campuran. makalah ini disusun sesuai teori dan juga data empiris (data yang telah diamati). Maksudnya, makalah campuran ini merupakan penggabungan dari makalah deduktif dan juga makalah induktif.

Makalah campuran  itu sendiri masih dibagi menjadi 6 bagian. Berikut adalah pembagian makalah campuran.
1. Makalah ilmiah.
makalah ilmiah membahas permasalahan yang ditulis dari hasil studi ilmiah yang telah dilakukan. Makalah jenis ini tidak berdasarkan pada pendapat si penulis yang bersifat subyektif.

2. Makalah kerja. Makalah ini diperoleh dari hasil sebuah penelitian dan memungkinkan bagi seseorang penulis untuk berargumentasi dari suatu permasalahan yang dibahas dan didapatkan dari proses penelitian. Artinya opini yang bersifat subyektif penulis lebih memungkinkan pada makalah tersebut.

3. Makalah kajian. isi dari makalah ini biasanya sebagai sarana pemecahan suatu masalah yang bersifat kontroversial.

4. Makalah posisi. Makalah posisi sering digunakan untuk karya tulis yang disusun atas permintaan suatu pihak. Fungi makalah jenis ini yaitu untuk alternatif pemecahan suatu masalah yang sedang kontroversial. Untuk prosedur pembahasan dan penulisannya dilakukan dilakukan secara ilmiah

5. Makalah analisis. Sifat dari makalah ini yaitu obyektif-empiris (makalah yg ditulis berdasarkan pengamatan penulis)

6. Makalah tanggapan. Makalah ini biasa dijadikan sebagai tugas pada mata kuliah bagi mahasiswa. Isi makalah jenis ini merupakan reaksi terhadap suatu bacaan.