Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengaktifkan Mod The Sims 3 File Package

Selain Expension Pack, The Sims 3 juga menyediakan MOD untuk menambah keseruan game besutan Maxis dan Electronic Art tersebut. dengan MOD kita bisa memiliki model rambut, sepatu, baju, warna kuku, warna kulit, object, dan masih banyak lagi.

dipostingan yang lalu saya sudah memberikan penjelasan cara mendownload dan menginstal MOD The Sims 3. Terdapat 3 jenis file MOD yaitu, .sims3pack , .sim , .world dan .packages .

Tidak hanya kamu, saya pun pada awalnya kesulitan memasang mod berjenis .packages. sudah mengikuti tutorial dimanapun tetap saja tidak satu pun MOD yang terbaca oleh game. hingga suatu hari saya menyadari sesuatu.

Saat itu saya lagi lagi membaca tutorial yang saya dapatkan di google. ada yang aneh, file reasource.cfg di screenshot mereka memiliki icon bergambar kertas putih, sedangkan reasource.cfg milik saya memiliki icon Notpad.  Setelah itu terlintas dipikiran saya "apakah di komputer saya tidak tersedia aplikasi pembaca file .cfg sehingga file reasource.cfg tersebut hanya dapat dibuka dengan notpad ?".

Akhirnya, saya memutuskan untuk search di google soal aplikasi pembaca file cfg. karena ada banyak pilihan, saya memilih yang mudah didownload saja. hehe..

dan dapatlah aplikasi bernama Free Opener. kamu bisa download disini.

Kamu sudah dwnload dan instal?

Baiklah, sekarang mari kita lanjut ke tahap selanjutnya.
1. Masuk ke folder Documents\Electronic Arts\The Sims 3\Mods

2. Klik kanan pada reasource.cfg - Open With - Choose default Program - pilih aplikasi Free Opener. Jangan lupa untuk centang "Always use the selected program to open this kind of file".
Jika icon reasource.cfg sudah berubah menjadi icon Free Opener seperti digambar,
Berarti kamu sudah berhasil!

NOTE:
1. Jika pada "Choose default Program" kamu tidak menemukan aplikasi Free Opener, kamu bisa klik Browse - C:/Program Files/Free Opener lalu pilih aplikasi FreeOpener.exe.

2. Jika MOD masih tidak terbaca oleh game, ada beberapa kemungkinan diantaranya:
  • Mungkin MOD yang kamu pasang memiliki persyaratan  seperti harus memiliki expensionpack tertentu, sedangkan The Sims kamu tidak memenuhi persyaratan tersebut.
  • Mungkin kamu harus lebih jeli lagi untuk mencari dimana MOD tersebut akan muncul. Misalkan MOD tersebut sebenarnya adalah Stuff untuk usia Teenager tapi kamu mencarinya di Stuff Adult. Ini biasanya terjadi saat kamu memasang MOD berupa pakaian, aksesoris dan model rambut.
  • Jika kamu memasang MOD POSE, seperti MOD yang bisa membuat Sims melakukan gerakan sholat, atau meakukan gerakan gerakan lain yang tidak ada pada The Sims default. maka kamu membutuhkan sebuah MOD lagi yang bernama "Pose Palayer" atau "Animation Player".
NB: Saya menggunakan Windows 7. Saya tidak tau apakah ini akan berhasil di OS lain.

Jangan takut untuk mencoba. 😉