Makalah Pengaruh Game Online Dalam Kehidupan Pelajar - Free Download Makalah Gratis
BAB I
PENDAHULUAN
Selama beberapa tahun terakhir, internet sudah sering digunakan oleh berbagai macam masyarakat internet sendiri memiliki arti sebuah jaringan komputer yang terdiri dari berbagai macam ukuran jaringan komputer di seluruh dunia mulai dari sebuah PC, jaringan-jaringan lokal berskala kecil, jaringan-jaringan kelas menegah, hingga jaringan-jaringan utama yang menjadi tulang punggung internet seperti NSFnet, NEARnet, SURAnet, dan lain-lain. Tidak salah bila aplikasi seperti facebook, twitter, dan game online sudah tersebar luas.
***
Download Makalah Pengaruh Game Online Dalam Kehidupan Pelajar
***
Akan tetapi akankah kalian tahu bahwa bermain game online sendiri memiliki dampak tersendiri ? tetapi jika di bayangkan dampak tersebut jauh lebih banyak negatifnya.
1.2 Rumusan Masalahan
Berdasarkan latar belakang di atas penulis merumuskan permasalahan yang di bahsa yaitu:
1. Apa pengertian game online ?
2. Apa dampak negative maupun positif dari game online ?
3. Jenis-jenis game online ?
4. Penyakit jika kita sudah kecanduan bermain game online ?
5. Bagaimana cara supaya kita tidak kecanduan game online ?
1.3 Tujuan Penelitian
Tujuan penulis dalam makalah ini adalah agar para pelajar tahu dampak dari game online itu sendiri sehingga pembaca tidak terlalu terjerumus dalam “kecanduan game online”.
1.5 Manfaat Penelitian
Penulis dapat mengajak para pelajar yang lain bahwa game online itu tidak selamanya menyenangkan karnadari game online lah seorang pelajar bisa membolos sekolah dan penulis juga memberikan dampak-dampak yang di berikan game online tersebut dan bagi para pelajar yang sudah menjadi kecanduan penulis memberikan salah satu solusinya.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian game online
Game online merupakan salah satu jenis permainan komputer yang memanfaatkan media jaringan komputer baik berupa LAN atau internet. Biasanya game online disediakan sebagai tambahan layanan dari perusahaan penyedia jasa online, atau dapat diakses langsung melalui sistem yang disediakan dari perusahaan yang menyediakan permainan tersebut.
Game Online memiliki jenis yang banyak, mulai dari permainan sederhana berbasis teks sampai permainan yang menggunakan grafik kompleks dan membentuk dunia virtual yang ditempati oleh banyak pemain sekaligus. Berikut ini adalah jenis-jenis game online berdasarkan jenis permainan :
A. Massively Multiplayer Online First-person shooter games (MMOFPS)
Game online jenis ini mengambil sudut pandang orang pertama sehingga seolah-olah pemain berada dalam permainan tersebut dalam sudut pandang tokoh karakter yang dimainkan, di mana setiap tokoh memiliki kemampuan yang berbeda dalam tingkat akurasi, refleks, dan lainnya. Permainan ini dapat melibatkan banyak orang dan biasanya permainan ini mengambil setting peperangan dengan senjata-senjata militer. Contoh permainan jenis ini antara lain Counter Strike, Call of Duty, Point Blank, Quake, Blood, Unreal.
B. Massively Multiplayer Online Real-time strategy games (MMORTS)
Game jenis ini menekankan kepada kehebatan strategi pemainnya. Permainan ini memiliki ciri khas di mana pemain harus mengatur strategi permainan. Dalam RTS, tema permainan bisa berupa sejarah (misalnya seri Age of Empires), fantasi (misalnya Warcraft), dan fiksi ilmiah (misalnya Star Wars)
C. Massively Multiplayer Online Role-playing games (MMORPG)
Game jenis ini biasanya memainkan peran tokoh-tokoh khayalan dan berkolaborasi untuk merajut sebuah cerita bersama. RPG biasanya lebih mengarah ke kolaborasi sosial daripada kompetisi. Pada umumnya dalam RPG, para pemain tergabung dalam satu kelompok. Contoh dari genre permainan ini Ragnarok Online,The Lord of the Rings Online: Shadows of Angmar, Final Fantasy, DotA.
D. Cross-platform online play
Jenis ini dapat dimainkan secara online dengan perangkat yang berbeda. Saat ini mesin permainan konsol (console games) mulai berkembang menjadi seperti komputer yang dilengkapi dengan jaringan sumber terbuka (open source networks), seperti Dreamcast, PlayStation 2, dan Xbox yang memiliki fungsi online. misalnya Need for Speed Underground, yang dapat dimainkan secara online dari PC maupun Xbox 360.
E. Massively Multiplayer Online Browser Game
GAme jenis ini dimainkan pada browser seperti Mozilla Firefox, Opera, atau Internet Explorer. Game sederhana dengan pemain tunggal dapat dimainkan dengan browser melalui HTML dan teknologi scripting HTML (JavaScript, ASP, PHP, MySQL).
Perkembangan teknologi grafik berbasis web seperti Flash dan Java menghasilkan permainan yang dikenal dengan “Flash games” atau “Java games” yang menjadi sangat populer. Permainan sederhana seperti Pac-Man bahkan dibuat ulang menggunakan pengaya (plugin) pada sebuah halaman web. Browser games yang baru menggunakan teknologi web seperti Ajax yang memungkinkan adanya interaksi multiplayer.
F. Simulation games
Game jenis ini bertujuan untuk memberi pengalaman melalui simulasi. Ada beberapa jenis permainan simulasi, di antaranya life-simulation games, construction and management simulation games, dan vehicle simulation.
Pada life-simulation games, pemain bertanggung jawab atas sebuah tokoh atau karakter dan memenuhi kebutuhan tokoh selayaknya kehidupan nyata, namun dalam ranah virtual. Karakter memiliki kebutuhan dan kehidupan layaknya manusia, seperti kegiatan bekerja, bersosialisasi, makan, belanja, dan sebagainya. Biasanya, karakter ini hidup dalam sebuah dunia virtual yang dipenuhi oleh karakter-karakter yang dimainkan pemain lainnya. Contoh permainannya adalah Second Life.
G. Massively multiplayer online games (MMOG)
Pemain bermain dalam dunia yang skalanya besar (>100 pemain), di mana setiap pemain dapat berinteraksi langsung seperti halnya dunia nyata. MMOG muncul seiring dengan perkembangan akses internet broadband di negara maju, sehingga memungkinkan ratusan, bahkan ribuan pemain untuk bermain bersama-sama. MMOG sendiri memiliki banyak jenis seperti:
· MMORPG (Massively Multiplayer Online Role-Playing Game)
· MMORTS (Massively Multiplayer Online Real-Time Strategy)
· MMOFPS (Massively Multiplayer Online First-Person Shooter)
· MMOSG (Massively Multiplayer Online Social Game)
2.2 Dampak Game Online
1. Menimbulkan adiksi (Kecanduan) yang kuat
Sebagian besar game yang beredar saat ini memang didesain supaya menimbulkan kecanduan para pemainnya. semakin seseorang kecanduan pada suatu game maka pembuat game semakin diuntungkan karena peningkatan pembelian gold/tool/karakter dan sejenisnya semakin meningkat. Tapi keuntungan produsen ini justru menghasilkan dampak yang buruk bagi kesehatan psikologis pemain game.
2. Mendorong melakukan hal-hal negatif
Walaupun jumlahnya tidak banyak tetapi cukup sering kita menemukan kasus pemain game online yang berusaha mencuri ID pemain lain dengan berbagai cara. Kemudian mengambil uang didalamnya atau melucuti perlengkapannya yang mahal-mahal.
Kegiatan mencuri ID ini biasanya juga berlanjut pada pencurian akun lain seperti facebook, email dengan menggunakan keylogger, software kracking dll.Bentuk pencurian ini tidak hanya terbatas pada pencurian id dan password tetapi juga bisa menimbulkan pencurian uang – meskipun biasanya tidak banyak (dari uang SPP misalnya) dan pencurian waktu, misalnya membolos sekolah demi bermain game.
3. Berbicara kasar dan kotor
Entah ini terjadi di seluruh dunia atau hanya Indonesia tetapi sejauh yang penulis temui di warnet-warnet diberbagai kota. Para pemain game online sering mengucapkan kata-kata kotor dan kasar saat bermain di warnet atau game center.
4. Terbengkalainya kegiatan di dunia nyata
Keterikatan pada waktu penyelesaian tugas di game dan rasa asik memainkannya seringkali membuat berbagai kegiatan terbengkalai. Waktu beribadah, tugas sekolah, tugas kuliah ataupun perkerjaan menjadi terbengkalai karena bermain game atau memikirkannya. Apalagi banyak permainan yang terus berjalan meskipun kita sudah offline.
5. Perubahan pola makan dan istirahat
Pernah mengalaminya? Perubahan pola istirahat dan pola makan sudah jamak terjadi pada gamers karena menurunnya kontrol diri. Waktu makan menjadi tidak teratur dan mereka sering tidur pagi demi mendapat happy hour (internet murah pada malam-pagi hari)
6. Pemborosan
Uang untuk membayar sewa komputer di warnet dan membeli gold/poin/karakter kadangkala nilainya bisa mencapai jutaan rupiah. Belum lagi koneksi internet, dan upgrade spesifikasi komputer dirumah.
7. Mengganggu kesehatan
duduk terus menerus didepan komputer selama berjam-jam jelas menimbulkan dampak negatif bagi tubuh
* Eye strain
eye strain adalah kelelahan mata yang terjadi karena penggunaan mata secara berlebihan, melihat obyek yang sama secara terus menerus misalnya layar komputer, TV, mikroskop dan mengendarai mobil. Pada online gamers selain melihat monitor terus menerus, mata juga semakin jarang berkedip yang justru menambah kelelahan
* Ambeien
Duduk dalam jangka waktu lama dapat menganggu sirkulasi darah dan menekan pembuluh darah vena disekitar anus, menimbulkan penonjolan pembuluh darah yang terasa panas dan sakit yang disebut ambeien atau wasir
* Carpal tunnel syndrome
adalah penyakit yang disebabkan karena tekanan dan ketegangan pada saraf di pergelangan tangan yang berfungsi merasakan dan pergerakan untuk bagian tangan dan jari. Tekanan dan ketegangan ini dapat menyebabkan mati rasa, kesemutan, kelemahan, atau kerusakan otot pada tangan dan jari
* Menurunkan metabolisme
Duduk tanpa aktifitas fisik terlalu lama membuat otot tidak melakukan aktifitas yang berakibat menurunnya metabolisme. Dalam jangka panjang dampaknya diantaranya menurunnya massa otot, kegemukan, menurunnya sistem kekebalan tubuh sehingga lebih mudah terserang penyakit.
Sebenarnya ini efek-efek yang ditimbulkan diatas tidak terbatas pada game online saja tetapi juga bisa terjadi pada sebagian besar orang yang memainkan konsol game atau game pada ponsel pintar karena pada dasarnya kebanyakan game dibuat supaya pemainnya ingin memainkannya secara berulang-ulang dan kecanduan, tetapi dampaknya lebih besar pada online gamers karena tingkat kecanduan yang tinggi.
2.3 Game Online atau Belajar ?
Ketika membahas ini penulis ingat bahwa disaat-saat dulu penulis jauh lebih mementingkan game online tersebut karna game online akan terus update sehingga jika satu hari saja tidak online pasti ketinggalan updatenya jadi dulu penulis sering menghamburkan uang demi game online yang tidak ada ujungnya tersebut penulis dapat kembali dari dunia game online pada saat penulis duduk dibangku kelas 8 dimana tugas-tugas sudah mulai banyak dan disaat kelas 7 nilai penulis di sekolah sangat buruk dan sudah sangat terbukti bahwa game online dapat merusak prestasi di sekolah sekarang tinggal bagaimana kita kembali tersadar untuk mementingkan belajar dari pada game online.
2.4 Cara untuk berhenti dari kecanduan game online
Unsur yang paling penting adalah niat, kebulatan tekad dan kontrol diri untuk dapat terlepas dari kecanduan game online dan kembali menata kehidupan yang terganggu akibat kecanduan itu. Berikut cara untuk berhenti dari kecanduan game online:
- Setelah ada niat, kita pun perlu mengakui bahwa kita tidak berdaya melawan keingian untuk bermain dan mengakui bahwa hidup kita jadi tidak terarah dan tidak teratur akibat game online itu.
- Berdoa, minta pertolongan dan kekuatan Tuhan untuk dapat lepas dari kecanduan ini.
- Buatlah daftar alasan mengapa ingin menghentikan kecanduan game on-line. Kita dapat bertanya ke keluarga atau teman dekat untuk membantu kita melengkapi daftar itu. Tempelkan daftar ini di tempat yang mudah dilihat oleh kita untuk membantu menguatkan komitmen kita.
- Buatlah rencana kapan kita mau berhenti sepenuhnya. Kontrol diri sangat penting dalam hal ini. Kurangi secara bertahap frekuensi bermain game online.
- Tuliskan keuntungan yang dirasakan selama mengurangi dan membatasi bermain game online. Ketika kita kembali bermain tanpa mengenal batas waktu setelah kita berhasil berhenti bermain, bukan berarti rencana kita gagal. Hal itu wajar terjadi. Yang terpenting adalah kita belajar dari pengalaman kita agar hal itu tidak terjadi lagi.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Dalam perjalananannya game online berkembang secara pesat dan dampaknya sangat buruk bagi kita para penggunanya sehingga jangan sampai kita kecanduan pada game online itu.
3.2 Saran
Bermain game online itu sangat baik jika kita tahu batas ukurnya sehingga kita sendiri tidak merasa di rugikan karna game online sangat banyak dampak buruknya tapi bagi kita yang sudah menjadi pecandu jangan pernah berhenti berusaha untuk mengurangi kecanduan game online tersebut asal pertama ada niat yang harus kita miliki.
DAFTAR PUSTAKA
10 Negara Pengguna Internet Terbesar Di Dunia Termasuk Indonesia. 20. http://www.eraberita.com/2012/12/10-negara-pengguna-internet-terbesar-di.html. Diakses pada: Sabtu, 4 Agustus 2018
Pengaruh Game Online Bagi Kalangan Remaja (Survey). http://duniabaca.com/pengaruh-game-online-bagi-kalangan-remaja-survey.html. Diakses pada: Sabtu, 4 Agustus 2018
Akhdian. 2012. Jenis-jenis Game Online. http://akhdian.net/2012/07/05/jenis-jenis-game-online/. Diakses pada: Sabtu, 4 Agustus 2018
Robo64. 2009. Dampak Buruk dan Cara Berhenti dari Kecanduan Game Online. http://www.kaskus.co.id/post/50dc84ec20d719cc74000005#post50dc84ec20d719cc74000005. Diakses pada: Sabtu, 4 Agustus 2018
Krisna. 2012. Dampak dan Penyakit dari Game Online. http://www.kaskus.co.id/post/000000000000000749268068#post000000000000000749268068. Diakses pada: Sabtu, 4 Agustus 2018
Jubiamin. 2013. Makalah Pengaruh Game Online Dalam Kehidupan Pelajar. SMP Strada Pelita Pejompongan. Jakarta
Istavita Utama. 2018. Makalah Pengaruh Game Online Dalam Kehidupan Pelajar. http://underpapers.blogspot.com. Diakses pada: Sabtu, 4 Agustus 2018
Anisa. 2015. Makalah Pengaruh Game Online Dalam Kehidupan Pelajar. http://4shared.com. Diakses pada: Sabtu, 4 Agustus 2018
Download Makalah Pengaruh Game Online Dalam Kehidupan Pelajar