Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makalah Studi Ritual Islam - Free Download Makalah Gratis

BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang
Di zaman sekarang, budaya dan tradisi mempengaruhi segala aspek kehidupan masyarakat, terutama kehidupan budaya. Pada dasarnya perubahan itu merupakan proses sejarah  yang panjang, yang berkembang dari masa ke masa. Didalam sejarah Indonesia proses tersebut terlihat sejak dari awal pembentukan masyarakat pada masa prasejarah, kedatangan pengaruh kebudayaan Hindu-Budha, kedatangan agama dan kebudayaan Islam, serta hadirnya pengaruh Barat, sampai masa kini. 

***
Download Makalah Studi Ritual Islam
***

Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang kaya akan kebudayaan, dulu sebelum agama islam masuk ke Indonesia sempat masuk terlebih dahulu agama hindu dan budha. Bentuk Ritual yang lebih condong pada ritual yang sebelum agama islam masuk yang masih melekat pada tradisi masyarakat yang masih mengangkat tradisi mereka (hindu-budha) sebelum islam masuk dan menjadi sebuah tradisi hingga mereka masuk islam tetapi disini mereka masuk islam dan tradisi mereka dilanjukan dengan cara-cara dalam ajaran islam.

B.     Rumusan Masalah
1. Bagaiamana pengertian ritual islam?
2. Sebutkan macam-macam ritual dalam islam?

C.    Tujuan
1. Untuk mengetahui arti dari ritual islam
2. Untuk mengetahui macam-macam ritual islam




BAB II
PEMBAHASAN

A.      Pengertian Ritual Islam
Ritual adalah kata sifat dari rites dan juga ada yang merupakan kata benda. Sebagai kata sifat, ritual adalah segala yang dihubungkan atau disangkutkan dengan upacara keagamaan, seperti ritual dance, ritual laws. Sedangkan sebagai kata benda adalah segala yang bersifat upacara keagamaan, seperti upacara Gereja Katolik.
 
Semua agama mengenal ritual, karena setiap agama memiliki ajaran tentang hal yang sacral. Salah satu tujuan pelaksanaan ritual adalah pemeliharaan dan pelestarian kesakralan. Disamping itu ritual merupakan tindakan yang memperkokoh hubungan pelaku dengan objek yang suci dan memperkuat hubungsn soldaritas kelompok yang menimbulkan rasa aman dan kuat mental.

Dalam agama, upacara ritual atau rites ini biasa dikenal dengan ibadat, kebaktian, berdo’a atau sembahyang. Setiap agama mengajarkan berbaagai ibadat, do’a dan bacaan-bacaan pada momen-momen tertentu yang dalam agama islam dinamakan dengan dzikir. Kecenderungan agama mengajarkan banyak ibadat dalam kehidupan sehari-hari supaya manusia tidak lepas dari kontak dengan Tuhannya.

Kita adalah umat terbaik hanya jika kita memenuhi kondisi yang disebutkan oleh AlQuran yaitu memikul tanggungjawab kita kepada masyarakat dan perbaikaannya dengan mengajak kepada kebaikan dan mencegah dari kemungkaran dan memenuhi tanggungjawab kita kepada Allah dengan beriman kepadaNya.

Beriman kepada Allah dalam hal ini disebutkan untuk menunjukkan bahwa hal itu memberikan kerangka dasar dimana moralitas harus dilaksanakan.

Keimanan adalah hubungan antara induvidu dengan Allah. Namun iman bukanlah suatu ide abstrak atau ideal. Iman adalah jalan hidup yang harus dimanifestasikan dalam perbuatan baik. Oleh sebab itu al-Qur’an dan sunnah Nabi menyatakan bahwa iman adalah sebagai realitas tiga dimensi.

Dan kehidupan iman dari suatu umat adalah suatu kehidupan yang berlangsung secara penuh dan terus-menerus dengan kehadiran Allah.

B.     Macam-macam Ritual Dalam Islam
Secraumum ritual dalam islam dapat dibedakan menjadi dua : ritual yang mempunyai dalil tegas dan eksplisit dalam al-Qur’an dan sunnah; dan ritual yang tidak memiliki dalil, baik dalam Al-Qur’an maupun dalam sunnah. 

Selain perbedaan tersebut,ritual dalm islam dapat ditinjau dari sudut tingkatan.Dari segi ini, ritual dalam islam dapat dibedakan menjadi tiga : primer, sekunder dan tertier.

Selengkapnya silahkan baca di file download....



BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
Ritual Dalam Persepektif Agama dikenal dengan ibadat, kebaktian, berdo’a atau sembahyang. Dimana ritual tersebut mengandung prilaku tindakan dan tujuan. Semua agama mengenal ritual dimana prilaku tindakan dalam pelaksanaanya dan tujuannya berbeda-beda dan ada pula yang sama dengan cara yang berbeda-beda. ritual dalam Pandangan islam yaitu suatu peribadahan yang didasarkan pada Al-Quran dan as-sunnah  seperti shalat, puasa , dll. Dalam pandangan islampun dikenal ritual yang tidak didasarkan pada Al-Quran dan as-sunnah seperti marhabaan. Islampun berpandangan bahwa suatu ritual ada yang diwajibkan. 

Disunahkan, dan diharamkan. Dalam ritual tidak terlepas dari cara dan sarana-sarana yang digunakan dalam mencapai tujuan tersebut. Adapun dalam pelaksanaanya terdapat aturan-aturan sebagai pedoman dan sebagai tolok ukur dalam peribadatan ritual baik aturan-aturan yang berdasarkan islam dan aturan maasyaarakat.



DAFTAR PUSTAKA

Agus, Bustanudin. 2005. Agama dalam kehidupan manusia. Hal : 96

Abd. Hakim. Atang & Mubarok, Jaih. 2000. Metodologi  Studi  Islam.

Agus Bustanudin, Agama dalam kehidupan manusia. 2005

Mahmoud M. Ayoub, Islam Antara Keyakinan dan Ritual, (Yogyakarta: AK GROUP, 2004), 133.

Mahmoud M. Ayoub, Islam Antara Keyakinan dan Ritual, (Yogyakarta: AK GROUP, 2004), 141. Mahmoud M. Ayoub, Islam Antara Keyakinan dan Ritual, (Yogyakarta: AK GROUP, 2004), 142.

Mahmoud M. Ayoub, Islam Antara Keyakinan dan Ritual, (Yogyakarta: AK GROUP, 2004), 143.

Mahmoud M. Ayoub, Islam Antara Keyakinan dan Ritual, (Yogyakarta: AK GROUP, 2004), 143.
 
Istavita Utama. 2018. Makalah Studi Ritual Islam. https://underpapers.blogspot.com. Diakses pada: Sabtu, 30 Juni 2018

Nata, Abuddin.2004. Metodologi Studi Islam. Hal : 43-44 Rahmat, M.Imadadun dkk. 2003. Islam Pribumi. Hal : 72

Rahmat, M.Imadadun dkk. 2003. Islam Pribumi. Hal : 81

Dewi Nur Chaula, Dzurrotun Aini, Siti Nur Komariyah. 2012. Studi Ritual Islam. https://4shared.com. Diakses pada: Minggu, 24 Juni 2018

 

Download Makalah Studi Ritual Islam